Seminar  Nasional Corisindo (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat)

Bertempat di STIKOM Bali, Kamis 11 Agustus 2022 berlangsung Seminar Nasional Corisindo, Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyrakat. Seminar ini menghadirkan tiga Narasumber yaitu Prof.Dra. Sri Hartati, M.Sc.,Ph.D (Ketua Umum IndoCEISS), Prof.Dr.rer.nat Achmad Benny Mutiara (Sekjen APTIKOM), dan Hufadil As’ari, S.Kom.,MM.,M.Comm (Direktur PT BIT). Seminar  ini merupakan rangkaian dari Rakornas IndoCEISS dan Lustrum STIKOM Bali.

Dalam kesempatan itu Sri Hartati menjelaskan bahwa Konsep SmartCampus sangat diperlukan dalam pembelajaran di Kampus.

“Konsep ini ke depannya masih perlu dukungan dari aktivitas civitas akademika “, jelas Sri Hartati. Ia menambahkan, untuk mengembangkan ini semua, dibutuhkan dukungan dari pemangku kebijakan di kampus.

Achmad Benny Mutiara menjelaskan tentang Explainable Artificial Intelligence (XAI), XAI.merupakan serangkaian proses dan metode yang memungkinkan pengguna manusia untuk memahami dan mempercayai hasil dan keluaran yang dibuat oleh algoritme pembelajaran mesin. AI yang dapat dijelaskan digunakan untuk menggambarkan model AI, dampak yang diharapkan, dan potensi bias. Dikesempatan yang sama, Hufadil  menyampaikan bahwa  saat ini PT BIT membutuhkan banyak sekali SDM IT yang tidak hanya cakap diakademik, tetapi memiliki kemampuan teknis dan softskill yang cakap juga.

Leave a Reply